hendratno Karena cinta ampas berubah jadi sari murni, karena cinta pedih menjadi obat. Karena cinta kematian berubah jadi kehidupan, karena cinta raja berubah menjadi hamba. ~Jalaluddin Rumi~

20 Daftar Pilihan Kamera Mirrorless Terbaik

8 min read

daftar kamera mirrorless

Kamera merupakan alat fotografi yang telah ditemukan oleh manusia sejak ribuan tahun lalu. Melalui hasil jepretan beserta bidikan kamera, setiap orang pun dapat merekam lalu mengabadikan berbagai bentuk gambar dengan menggunakan kamera mirrorless terbaik pilihan pemakai.

Bila diperhatikan perkembangan alat fotografi yang satu ini di masa sekarang, memang perkembangannya sudah begitu pesat. Kapan pun dan dimana pun berada, setiap orang tak pernah lepas dari aktivitas fotografi.

Terlebih lagi dengan kehadiran media sosial yang menampilkan aplikasi foto seperti Instagram saat ini, aktivitas potret memotret pun nampaknya sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang.

Belum lagi kehadiran medsos Youtube yang dapat mengupload momen keseharian setiap orang lalu merekamnya memakai kamera, atau biasa dinamakan sebagai vlog.

Vlog merupakan singkatan dari Video Log, yakni kegiatan perekaman video aktivitas sehari-hari memakai kamera. Kemudian diposting lewat Youtube kemudian bida dilihat oleh semua pengguna Youtube di berbagai penjuru.

Untuk itulah, kini sudah mulai banyak orang memakai kamera mirrorless yang dijadikan alat perekam berbentuk kamera video.

Ketika mendengar istilah dari Interchangeable lens Camera dengan singkatan ILC atau kamera yang memiliki lensa dapat diganti-ganti, biasa dikenal sebagai kamera DSLR. Namun tidak semua ILC bisa digolongkan sebagai DSLR.

Bahkan untuk beberapa tahun belakangan ini, sudah beredar ILC berjenis baru dengan ukuran yang lebih ringkas. Adapun kamera ini biasa dinamakan sebagai Mirrorless ILC maupun Mirrorless.

Lalu apa yang dimaksud dengan kamera mirrorless? Berdasarkan namanya yang artinya “tanpa menggunakan cermin”, kamera ini sejatinya yaitu DSLR yang telah dihilangkan mirrorbox-nya atau pemantul cahayanya.

Tanpa menggunakan mirrorbox yang berperan membelokkan cahaya yang berasal dari lensa menuju jendela bidik optic, sementara ukuran dari kamera mirrorless ini dapat dibuat jauh lebih menciut daripada DSLR.

Dewasa ini sudah banyak bermunculan produk-produk kamera mirrorless terbaik yang mampu mendukung aktivitas fotografi terbaik Anda, berikut referensi produk kamera mirrorless di bawah ini :

Daftar Kamera Mirrorless Terbaik

Berikut merupakan daftar pilihan kamera Mirrorless terbaik yang telah dirangkum oleh Tisucoding (Situs teknologi informasi).

1. Fujifilm X-A2 XC 16-50

Daftar Kamera Mirrorless

Fujifilm Finepix X-A2 XC 16-50 merupakan model X untuk series pertama dengan fitur LCD yang bisa membalik hingga 175 derajat celcius, dengan begitu mempermudah Adna saat mengambil foto selfie.

Lensa kit XC16-50 mm II wide angle yang baru, sebanding dengan lensa yang membentang 24 mm, dengan menawarkan minimal jarak kerja 15 cm dari bagian sensor.

Kelebihannya, kamera ini mempunyai fungsi AF Eye Detection dapat diaktifkan secara otomatis jika Anda memutar panel LCD yang miring, sehingga membantu mencapai hasil gambar selfie unggul dan sempurna.

Kekurangannya adalah kamera mirrorless terbaik ini formatnya masih sebatas video HF Full serta masih belum terintegrasi 4K.

Spesifikasi kamera mirrorless ini diantaranya memiliki layar 3 inchi LCD tilt screen, ISO Speed range 200-6400, resolusi 16,3 MP, dan built in Wifi. Adapun harga kamera mirrorless terbaik dari Fujifilm ini dibanderol Rp. 7.650.000,-

2. Fujifilm X-A3 Kit Lens 16-50 mm

Kamera Fujifilm A3 sudah diperbaharui oleh teknologi lebih baru, seperti autofocus lebih mapan, sensor APS-C 2MP, dapat ditekuk hingga 180 derajat dan memiliki layar touchscreen, jadi sangat ideal untuk foto selfie.

Keunggulan kamera mirrorless A3 dari Fujifilm ini yaitu di bagian belakang LCD memakai layar sentuh berperan sebagai touch AF, Touch Zoom dan Touch Shoot dengan gerakan jari berupa pinch out supaya memakai lensa prime seakan-akan berupa lensa zoom.

Selain itu, Fujifilm X-A3 mengkombinasikan antara resolusi 24,2 MP sensor APS C bersama mesin pengolahan foto demi menggapai kualitas foto terbaik. Harga kamera mirrorless ini dibanderol Rp. 8.399.000,-

3. Canon EOS M3

Kelebihan kamera ini yaitu memiliki menu yang didesain cukup sederhana serta mudah dipahami. Dimana akses menuju tiap menu pengaturannya tak terlalu dalam, baik kendali maupun menunya cukup identik seperti kamera DSLR dari Canon.

Mampu menghasilkan autofocus yang semakin baik dengan hasil foto unggulan. Kekurangannya adalah suara shutter relative kencang, dan continuous shoot dirasa bekerja masih terbilang lambat.

Spesifikasi Canon EOS M3 memiliki resolusi sensor 24,2 MP, berlensa EF M, ISO Sensitivity Auto 100-12800, berukuran layar 3,0 inchi, bertipe TFT LCD, media penyimpanan Memory Card,dan PC konektivitas Hi Seed USB. Harga kamera mirrorless terbaik dari Canon ini dibanderol Rp. 6.920.000,-

4. Nikon 1 J5 10-35 mm VR Kit

Kelebihan Nikon 1 J5 mempunyai tingkat akurasi dan kecepatan yang tidak tertandingi. Dibekali oleh sensor Backside illumination CX Format CMOS mampu menangkap cahaya lebih banyak dibandingkan sensor CMOS yang biasa.

Kekurangan kamera mirrorless Nikon 1 J5 ini yaitu tak tersedia fitur view finder layaknya kamera DSLR, selain itu juga tidak tersedia fitur hot shoe pada kamera ini. Spesifikasi resolusi sensor 20.8 MP, sensor CX dengan format CMOS, ISO 160-12800, memiliki konektifitas WiFi dan NFC dan berlayar sentuh TFT.

Untuk harganya sendiri, Nikon 1 J5 ini dilepas ke pasaran dengan nominal Rp. 5.799.000,-

5. Sony Alpha A5000L

Kamera Sony Alpha A5000L

Kelebihan kamera mirrorless dari Sony ini telah dilengkapi prosessor BIONZ X, juga digunakan pada Sony A7. Kamera ini memliki kecepatan operasi autofocus yang sangat cepat sebagai kamera mirorrless kelas pemula.

Hanya saja kekurangannya untuk melakukan start up kamera siap digunakan untuk memotret sedikit agak lambat, harus menunggu 3-5 detik.

Namun sesudah menyala serta ketika memotret, kamera mirrorless ini mempunyai kinerja yang cepat, hampir tak memiliki waktu jeda.

Spesifikasi Sony Alpha A5000L diantaranya mempunyai desain kompak, resolusi sensor 20.1 MP, easy self portraits, WiFi/NFC capabilities, built in flash dan BIONZ X image processor. Adapun harga jualnya dibanderol Rp. 6.060.000,-

6. Xiaomi Yi M1 Mirrorless

Kelebihan Xiaomi Yi M1 kamera mirrorless ini selain memiliki desain yang elegan dan begitu minimalis, juga memiliki kualitas video dan foto terbaik.

Denga mengusung teknologi sensor yang terbaru milik Sony, yakni sensor IMX269. Dimana sensor tersebut dapat menghasilkan file RAW berbentuk DNG, serta merekam video beresolusi 4K/30p.

Kekurangannya pengguna tak bisa menemukan fitur viewfinder dan flash pada kamera ini. Beberapa spesifikasi lainnya yang diusung kamera ini diantaranya universal lens mount, mengusung Sony Sensor, resolusi 20 Mp, memiliki diafragma besar dengan video 4K.

Harga jual Xiaomi Yi M1 ini dibanderol Rp. 4.541.983,-

7. Sony Alpha A6000

Sony Alpha A6000 meurpakan kamera mirrorless besutan Sony yang canggih dan serbaguna memanfaatkan resolusi sensor 24,3 MP sensor APS C Exmor APS HD CMOS berikur prosessor gambar BIONZ X demi menghasilkan gambar beresolusi tinggi untuk gambar diam beserta video full HD.

Kekurangannya yaitu layarnya bukan touch screen, saat kondisi gelap maka kualitas jendela pada bidik pun muncul gambar bintik-bintik, dan startup time membutuhkan waktu lebih lama 2 detik.

Spesifikasi lainnya Sony Alpha A6000 didukung ISO hingga 25600, kemampuan video up to 11 fps shooting. Harga Sony Alpha A6000 dibanderol Rp. 7.857.900,-

8. Olympus Mirrorless E-PL5

Olympus PEN E-PL5 telah mengintegrasikan sensor dari Live MOS menuju kamera dengan seri PEN. Kelebihannya yaitu Olympus PEN Lite E-PL5 mengombinasikan kualitas gambar yang terbaik lewat styling stand out.

Melalui prosessor gambar dari Truepic VI mampu memperoleh auto fokus cepat. Kekurangannya sesudah mengakses mode HDR BKT serta menentukan settingnya, maka kamera hanya dapat mengambil 3 foto untuk digabungkan ke dalam HDR di perangkat komputer dan bukan digabung secara otomatis dalam kamera, layaknya fitur HDR pada kamera lain.

Spesifikasi lainnya memiliki resolusi 16 MP, dengan 3 inchi touch panel dan ISO 100-25600. Adapun harga Olympus Mirrorless E-PL5 Rp. 4.999.000,-

9. Leica Q Typ 116

Merupakan salah satu kamera mirrorless terbaik dengan harga premium. Kamera ini mengunggulkan berbagai fitur utama, diantaranya penggabungan resolusi 24MP dengan sensor full frame CMOS.

Dimana sensor tersebut sangat pas bersama lensa milik Leica, dengan begitu eksposur kaya dan detail lewat tingkat noise sangat rendah dapat dihasilkan. Kamera ini juga mempunyai kemampuan merekam video full HD berkecepatan super dilengkapi efek latar belakang blur sempurna.

Hanya saja untuk mendapatkan kamera ini Anda harus merogoh kocek puluhan juta rupiah. Dari segi spesifikasi sendiri, Leica mengusung Prosessor Leica Maestro II Image Processor, dengan 3,68 MP LCOS Electronic Viewfinder dan Leica Summilux 28 mm f/1.7 ASPH Lens.

Untuk mendapatkan kamera mirrorless premium ini, Anda harus merogoh kocek hingga Rp. 60.529.900,-

10. Samsung NX1000 20-50mm

Kamera Samsung NX1000

Keunggulan Samsung NX1000 20-50 mm sebagai kamera mirrorless memiliki sistem pengoperasian yang mudah dipahami, meskipun dioperasikan oleh orang awam sekalipun.

Samsung juga telah membenamkan sensor dari APS-C CMOS dengan resolusi sebesar 20,3 MP, sehingga mampu menghasilkan kualitas gambar yang handal.

Kekurangannya, usai motret menggunakan feature burst yang tersedia pada NX1000 Anda mesti bersabar menunggu jeda waktu pemotretan yang selanjutnya sebab jedanya terbilang cukup panjang.

Selain itu, pada performa lensa autofokusnya tak memberikan hasil luar biasa. Spesifikasi lainnya, NX1000 dibekali feature Wifi dan GPS, dengan tingkat sensitivitas ISO 100-12.800. Untuk mendapatkan kamera ini, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp. 4,8 jutaan.

11. Panasonic Lumix DMC

Kelebihan kamera Mirrorless terbaik Panasonic Lumix DMC ini memiliki kecanggihan touchsckreen dengan high ISO performance, sehingga membuat Anda bisa mengambil foto atau gambar yang hasilnya sangat memuaskan. Dengan 1080 HD video recording dari kamera ini mempermudah Anda merekam berbagai momen dan aktivitas Anda.

Kelemahannya adalah hanya terdapat pada kapasitas daya baterainya yang terbilang cukup mengecewakan berikut harganya yang mahal.

Spesifikasi lainnya yang bisa Anda dapatkan yaitu Lensa Micro Four Thirds, dapat ganti lensa, LCD Display W/460, dan resolusi sensor 12.1 Mp. Adapun harganya dibanderol sekitar Rp. 3.950.000,-

12. Pentax Q7 02 Lens Kit

Pentax Q7 02 Lens Kit hadir dengan keunggulan desain yang begitu mungil dan simple sehingga bisa dibawa kemana pun, tentunya didukung oleh desain yang elegan dan keren untuk memberikan kenyamanan ketika memakainya.

Kamera mirrorless ini juga dibenamkan sensor BSI CIMOS 12 MP dengan ukuran 1/1.7 inchi.

Dari sisi noisenya bisa dibilang lebih minim meskipun menggunakan pengaturan pada ISO 12800. Untuk spesifikasi lainnya disematkan prosessor Q-Engine. Dari sisi harga sendiri, Pentax Q7 02 Lens Kit ini dibanderol Rp. 4.150.000,-

13. Samsung NX2000

Keunggulan Samsung NX2000 sebagai salah satu kamera mirrorless terbaik adalah memiliki desain yang ringkas, disematkan resolusi sensor 20,3 MP, menghasilkan kualitas gambar berkualitas, autofocus cepat, memiliki konektivitas WiFI sangat baik, touchscreen besar dan responsive.

Sedangkan kelemahannya kontrol seluruhnya dikendalikan oleh touchscreen, tampilan layar sukar terlihat ketika ada cahaya matahari, tak terdapat pengisi baterai secara eksternal dan daya baterai yang terbatas.

Spesifikasi lainnya yaitu memiliki lensa kit 18-55 mm dengan layar touchscreen sekitar 3,7 inchi. Harga Samsung NX2000 dibanderol Rp. 5,5 juta.

14. Canon EOS M5

Kamera mirrorless Canon EOS M5 telah dilengkapi oleh sensor APS-C yang berukuran hingga 24,2 MP dengan dilengkapi autofocus cross type hingga 49 titik. Untuk rentang ISO sendiri dalam kisaran 100-25600.

Dilengkapi fitur EVF dan layar LCD dengan ukuran 3,2 inchi. Spesifikasi lainnya yang dimillikinya yaitu dibekali sensor APSC 24 MP CMOS, disematkan viewfinder, burst shot 7 fps, engine DIGIC 7, video 60 fps full HD, dengan monitor LCD yang bisa dimiringkan.

Bahkan EOS M5 juga membuktikan debut konektivitas Bluetooth Low Energy untuk kamera EOS besutan Canon. Adapun untuk mendapatkan kamera mirrorless terbaik ini, Anda harus merogoh kocek Rp. 19.900.000,-

15. Olympus EM10 MKII

Kamera Olympus EM10

Keunggulan Olympus EM10 MKII dengan sensot 16 MP ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang baik lewat ISO tinggi dengan noise yang cukup aman pada ISO 1600, untuk ISO 3200 pun rasanya masih baik untuk ukuran gambar dengan cetakan kecil.

Hanya saja kekurangannya bagi Anda yang gemar editing akan kecewa lewat RAW 12 bit pada kamera ini, terutama ketika gambar yang diambil memiliki kontras melebihi dynamic range sensor micro 4/3.

Darii sisi spesifikasi sudah tergolong cukup dengan resolusi 16.1 MP 4/3 live MOS Sensor, Truepic VII Image Processor, micro four thirds system, memilliki kualitas full HD 1080p Video Recording untuk 60 fps. Harga Olympus EM10 MKII ini dibanderol Rp. 10 juta.

16. Leica SL

Leica SL telah memberikan platform sebagai kamera baru yang modern dengan resolusi 24 MP dull frame CMOS Sensor, tanpa menggunakan filter low pass, memiliki ISO 50-50.000, dan dapat menampung sebanyak 33 file RAW.

Produk kamera ini dibekali layar LCD touchscreen dengan 2,95 inchi, memiliki layar monokrom pada bagian atas alat fotografi ini, untuk daya tahan baterai sendiri hingga 400 foto.

Kekurangannya terdapat pada harganya yang sangat fantastis. Dengan spesifikasi autofocus contrast detect AF 0-49 Area, ketahanan mekanik chutter mencapai 200.000 ini, harganya dibanderol sekitar Rp. 66 jutaan.

17. Pentax Q10

Pentax Q10 disematkan resolusi sensor 12,4 MP dengan CMOS sensor, dengan kecapatan pengambilan foto atau gambar secara berturut-turut sampai 5 fps dengan layar LCD 3 inchi TFT dan baterai rechargeable lithium ion yang bisa bertahan sampai 2,5 jam.

Kamera mirrorless pentax ini mempynyai dimensi lebih besar yang berbobot 200 gram. Untuk soal harga sendiri, Pentax Q10 dibanderol Rp. 4,8 juta.

18. Nikon 1 Nikkor AW

Merupakan kamera Nikon terbaru yang memiliki beragam keunggulan, di samping desain elegan dilengkapi pula fitur anti air sehingga bisa tenggelam sampai kedalaman 49 ft.

Selain itu, Anda tak perlu khawatir gambar yang dihasilkan dari kamera ini, sebab kamera yang satu ini mempunyai resolusi foto sampai 4608 x 3072 sehingga ideal dibawa saat menyelam.

Dilengkappi spesifikasi Aperture range f/2.8 to 11 dengan one protective glass element. Harga kamera mirrorless dari Nikon ini dibanderol RP. 9.925.000,-

19. Samsung NX Mini

Keunggulan Samsung NX Mini ini telah dilengkapi oleh built in flash meskipun masih berukuran kecil, tapi cukup untuk melakukan fill in flash. Selain itu, kamera ini juga telah dilengkapidungsi NFC dan Wifi lebih canggih dibandingkan kamera sekelasnya.

Pihak Samsung menyebutnya sebagai produk Smart Camera dengan fitur smart mode dan fitur konektivitas yang terdapat di dalamnya.

Kekurangannya mungkin karena fitur built in flash yang disematkan masih kecil Selain itu bodi yang terlalu tipis sehingga memicu kamera jatuh jika diletakkan di permukaan yang rata.

Spesifikasi lainnya disematkan lensa 9 mm f/3.5 dan layar sentuh dapat dilipat ke atas hingga 180 derajat celcius. Adapun harga kamera Samsung NX Mini ini dibanderol Rp.5,9 juta.

20. Nikon 1 V2

Kamera Nikon 1 V2

Keunggulan Nikon 1 V2 sebagai kamera mirrorless semi profesional ini mengusung fitur interchangeable lens, dengan menyematkan resolusi sampai 14,1 MP.

Resolusi sensor tersebut juga bisa dikatakan sebagai kekurangannya sebab ukurannya masih terbilang kecil dibandingkan standar sensor pada kamera DSLR, namun kemampuannya dirasa cukup baik.

Nikon 1 V2 sendiri hanya bisa merekam resolusi full HD dengan harga yang dikatakan cukup fantastis yakni Rp. 10.800.000,-

RANGKUMAN

Jika berbicara tentang kamera mirrorless terbaik, tentu ada banyak sekali produk yang dapat Anda beli. Namun tentunya tak bisa asal memilih kamera lewat spesifikasi yang tertulis saja, terlebih mengingat ada beberapa produsen yang turut mengeluarkan kamera mirrolses yang menyediakan keunggulan utama.

Kamera Nikon 1 J5 dan Fujifilm X-A3 termasuk jenis kamera mirrorless yang mumpuni dan sangat layak bagi Anda pencinta fotografi untuk menghasilkan gambar yang profesional.

Selain kedua merek di atas, Nikon dan Leica juga menyusul sebagai produsen kamera mirrorless profesional yang bisa Anda pilih.

Karena harganya yang lumayan fantastis untuk setiap merek, Anda tentu harus mempersiapkan budget yang cukup untuk membeli kamera mirrorless berkualitas.

Dengan begitu, Anda bisa memperoleh kamera yang memiliki keunggulan luar biasa untuk menemani aktivitas fotografi sehari-hari!

Jangan lupa bagikan artikel ini melalui social media milik anda supaya rekan rekan fotografer tidak salah memilih kamera terbaik saat ini.

hendratno Karena cinta ampas berubah jadi sari murni, karena cinta pedih menjadi obat. Karena cinta kematian berubah jadi kehidupan, karena cinta raja berubah menjadi hamba. ~Jalaluddin Rumi~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *