Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
GoPena

Menyajikan Konten-konten Informatif

img

8 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi

/
/
/
124 Views

Tempat Wisata di Bengkulu – Ada banyak destinasi wisata yang menarik saat liburan tiba. Jangan hanya mengandalkan pulau dewata Bali. Ada banyak tempat menarik di sumatera yang dapat Anda jadikan target liburan Anda selanjutnya. Bagaimana dengan Bengkulu?

Sebagai provinsi yang berada di sumatera, Bengkulu menyimpan banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi. Tempat wisata di Bengkulu ini dapat Anda jadikan destinasi jelajah wisata Anda selanjutnya.

Nah, bagi Anda yang belum pernah menginjakkan kaki di Bengkulu, ada beberapa tempat wisata Andalan yang wajib Anda kunjungi. Berikut adalah 8 wisata andalan Bengkulu yang sayang jika Anda lewatkan.

1. Melakukan Banyak Aktivitas di Pantai Panjang

pantai panjang bengkulu
iyakan.com

Indonesia adalah surganya pantai indah. Tempat wisata di Bengkulu juga kaya akan pantai indah lengkap dengan pasir putihnya. Pantai Panjang adalah pantai yang memiliki garis pantai yang panjang dan sudah dibangun menjadi tempat wisata yang memiliki fasilitas yang lengkap.

Ada banyak fasilitas yang dapat Anda nikmati di tepian pantai indah nan asri ini. Ada penginapan tepi pantai yang sangat menarik untuk disinggahi. Ada banyak tempat makan, restoran, cafe, sampai dengan pusat perbelanjaan tempat Anda bisa memuaskan wisata belanja Anda.

Ada juga tempat yang aman untuk bermain anak-anak dan tempat untuk melakukan olahraga. Ada jogging track yang dibangun di tepi pantai sehingga Anda dapat menikmati jogging dengan view pantai yang memukau. Anda juga bisa melakukan kegiatan voli pantai bersama sahabat dan keluarga di pantai ini.

Bagi pencinta kegiatan selancar, ombak di pantai ini cukup memuaskan dan menantang bagi para peselancar. Setelah lelah beraktivitas, saatnya duduk-duduk di pantai pasir putih nan lembut sambil menikmati pemandangan terbenamnya matahari yang sederhana namun penuh makna.

2. Mengintip Perjuangan Bung Karno di Rumah Pengasingan

rumah pengasingan bung karno
tempatwisata.com

Selain menikmati wisata pantai yang memukau, tempat wisata di Bengkulu yang juga menarik untuk dikunjungi adalah tempat wisata sejarahnya. Bengkulu menjadi tempat yang sangat bersejarah karena di sini adalah lokasi tempat bapak proklamator kita pernah diasingkan.

Adapun rumah pengasingan Bung Karno masih ada dan dapat kita lihat sampai sekarang. Rumah tersebut kini dijadikan sebagai museum.

Di dalamnya, Anda dapat melihat banyak hal seperti koleksi buku milik Bung Karno, sepeda ontel Bung Karno, surat cinta yang ditulis Bung Karno untuk ibu Fatmawati, dan ruangan-ruangan rumah Bung Karno selama di pengasingan tersebut. Untuk memasukinya, Anda hanya perlu membayar tiket masuk yang sangat terjangkau.

3. Mengenang Sejarah Benteng Marlborough

Benteng Marlborough bengkulu
cagarbudaya.kemendikbud.gov

Satu lagi tempat wisata di Bengkulu yang masih berbau sejarah. Dibalik kemegahan Benteng Marlborough, ada kisah perjuangan masyarakat Bengkulu dalam melawan tentara Inggris yang pada tahun 1713 sampai 1719 singgah di daerah tersebut.

Di kawasan benteng yang cukup luas ini, kita bisa mengenang sejarah sembari melihat pemandangan indah pantai dari atas ketinggian benteng. Seperti benteng tepi pantai lainnya, kekhasan dari benteng ini adalah adanya parit yang mengelilingi benteng yang memiliki bentuk seperti kura-kura. Ada jembatan-jembatan yang menghubungkan benteng dengan seberang parit atau bagian luar benteng.

4. Mempelajari Budaya Leluhur di Museum Negeri Bengkulu

wisata Negeri Bengkulu
triptrus.com

Nah, jika Anda ingin mengenal budaya Bengkulu dengan lebih detail, ada tempat wisata di Bengkulu yang dapat Anda singgahi. Tempat tersebut adalah museum negeri Bengkulu. Museum ini adalah salah satu museum tempat meletakan berbagai macam benda sejarah budaya yang ada di Bengkulu.

Museum yang buka setiap hari kecuali hari senin pada jam 8 pagi sampai 1 siang ini menyimpan aneka keramik, seni rupa, temuan arkeolog, sejarah, numistika, etnografika, filologika, dan teknologika peninggalan masyarakat yang tinggal di kawasan Bengkulu pada masa lampau.

Ada lebih dari 6000 koleksi yang ada di kawasan tersebut. Di sini, Anda bisa mengenal bagaimana melakukan sebuah upacara adat, seperti apa kain tenun khas Bengkulu, beragam perlengkapan zaman kuno, dan sebagainya.

5. Mendaki Bukit Kaba

Bukit Kaba bengkulu
repirepitasari.blogspot.co.id

Tempat wisata di Bengkulu juga dilengkapi dengan wisata alam yang menarik. Seperti yang kita tahu, wisata alam adalah salah satu wisata yang sedang booming belakangan ini. Wisata Bukit Kaba dapat menjadi salah satu tempat yang dapat memuaskan hasrat melakukan wisata alam.

Anda bisa melakukan trekking yang cukup panjang di sini. Setelah melakukan trekking, Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dari Kota Curup yang ada di bawahnya. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di sini termasuk berkemah. Biaya masuknya sangat terjangkau sehingga cocok bagi para backpacker yang memburu tempat cantik dengan biaya terbatas.

6. Menikmati Keindahan Bawah Air di Pulau Tikus

Pulau Tikus bengkulu
flickr.com

Ada tempat wisata di Bengkulu yang berupa pulau kecil nan mungil dengan keindahan yang sangat besar. Pulau tersebut adalah Pulau Tikus. Diberi nama Pulau Tikus karena ukurannya yang mungil. Hanya seluas 1,5 hektare. Pulau yang berada di 10 km seberang kota Bengkulu ini memiliki keindahan terumbu karang yang luar biasa.

Anda dapat melihat terumbu karang dan kehidupan bawah lautnya dengan sangat mudah tanpa harus berenang. Airnya yang sangat jernih membuat kita dapat melihat terumbu karang layaknya di akuarium. Anda tidak akan bosan tinggal berlama-lama di pulau cantik ini.

7. Menaklukan Jeram Sungai Berau

Sungai Berau bengkulu
medantoday.com

Setelah membahas mengenai tempat wisata di Bengkulu yang menenangkan, kini saatnya kita memacu adrenalin kita di sungai Berau. Bagi Anda yang menyukai tantangan, Anda harus mencoba menaklukan sungai berai yang memiliki banyak jeram menantang.

Untuk menikmati kegiatan olahraga ekstrem ini, Anda bisa datang ke Kabupaten Muko-Muko. Selain dapat menikmati keindahan alam dan aktivitas air yang menantang, jika beruntung, Anda juga dapat menyaksikan upacara adat di sini. Yaitu memandikan bayi di sungai ini saat baru lahir.

8. Menenangkan Pikiran di Hamparan Kebun Teh

Kebun Teh bengkulu
twitter.com

Tidak hanya di Pulau Jawa, kebun teh di Bengkulu juga sangat terkenal. Kebun teh yang dikelola oleh PT Agrotea ini juga dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Bengkulu yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sudah barang tentu kebun teh akan memiliki udara yang sejuk. Jadi, jika Anda sedang penat dan bosan dengan suasana perkotaan, Anda dapat menikmati keindahan dan kesejukan udara di kebun teh ini.

Kebun teh ini ada di kawasan Curup, sebuah perbukitan yang memiliki kota indah dan nyaman. Terkenal sebagai kota sejuk yang memiliki beberapa destinasi wisata termasuk kebun teh dan Bukit Kaba.

Itu tadi ulasan mengenai 8 tempat wisata di Bengkulu yang wajib Anda kunjungi. Masih ada lagi berbagai destinasi wisata di Bengkulu yang belum sempat dibahas. Ada banyak pantai, danau, dan air terjun yang belum sempat dibahas di sini. Semoga kita bisa bertemu lagi di lain kesempatan dengan bahasan lebih lengkap mengenai destinasi wisata Bengkulu.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text