Pengertian Mobile Crane: Cara Kerja, Fungsi Hingga Spesifikasi

Gopena, Pengertian Mobile Crane – Mobile crane adalah jenis mobile yang sangat identik dengan aktivitas konstruksi.

Mungkin kita sering melihat crane di aktivitas pembangunan besar seperti gedung bertingkat, stadion, dan bangunan besar lainnya. Tapi apa itu pengertian mobile crane? Bagaimana cara kerjanya?

Mobile crane sendiri banyak dipakai untuk memudahkan pekerjaan konstruksi, seperti menaikkan dan menurunkan barang secara vertical.

Tak jarang mobile crane juga dipakai untuk bongkar muat barang yang berukuran besar. Untuk informasi mengenai mobile crane selengkapnya, simak pembahasan berikut:

Fungsi dan Pengertian Mobile Crane

Fungsi Mobile Crane
bukalapak.com

A. Pengertian Mobile Crane

Mobile crane adalah sebuah mobile yang umumnya dilengkapi dengan drum tali baja, rantai, dan tali baja yang dipakai untuk mengangkat dan menurunkan beban secara vertikal serta memindahkannya secara horizontal.

Mobile crane banyak dilengkapi teknologi yang memudahkan pekerjaan manusia maupun mobile itu sendiri.

Masing-masing jenis mobile crane pasti memiliki spesifikasi dan teknologi yang berbeda. Mobile ini digunakan pada banyak bidang industri, tidak hanya konstruksi saja.

Di bidang konstruksi, kita sering melihat mobile crane dipakai untuk memindahkan material berukuran besar atau dengan volume yang sangat banyak ke tempat yang tidak mungkin dijangkau jika diangkat biasa.

Perputaran tali baja yang mencapai 360 derajat sangat membantu pekerjaan konstruksi.

Di bidang lain, kita bisa menjumpai mobile crane yang dipakai untuk bongkar muat beban kapal, truk cargo, dan lain sebagainya.

Mobile crane hadir dalam bentuk truk yang tentunya memiliki konstruksi dan rangka yang sangat kuat untuk menahan beban yang sedang diangkatnya.

B. Fungsi Crane

Seperti yang telah dijelaskan pada poin pengertian crane, mobile crane berfungsi untuk mengangkat dan menurunkan beban secara vertikal serta memindahkannya secara horizontal.

Oleh karena itu ,mobile ini banyak dipakai untuk memindahkan berat dari bawah ke atas atau sebaliknya.

Tidak seperti crane yang biasanya tempatnya sudah fixed, mobile crane sifatnya lebih mobilee. Dia dapat dengan mudah berpindah sehingga lebih fleksibel.

Hanya saja beban yang bisa diangkat tidak lebih besar daripada crane biasa walaupun tetap bergantung pada jenis mobilee crane-nya.

Selain mudah berpindah, kelebihan lain dari penggunaan mobile crane adalah, mobile ini dilengkapi dengan teknologi lengan (boom) berjenis teleskopik.

Ini memungkinkan lengan mobile crane dapat dipendek dan dipanjangkan sesuai kebutuhan sehingga akan lebih efektif dan efisien.

Secara ukuran, mobile crane juga memiliki ukuran yang relatif lebih kecil sehingga sangat cocok untuk pekerjaan di tempat yang sempit.

Pasalnya, tempat-tempat seperti ini lebih mudah dijangkau mobile daripada harus memasang tower crane.

Cara Kerja Mobile Crane

Cara Kerja Mobile Crane
apollo-singapore.com

Setelah mengetahui fungsi dan pengertian mobile crane, sekarang kita beralih ke bagaimana cara kerja dari mobile yang satu ini.

Secara umum, mobile crane memiliki 2 bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Kedua bagian ini dihubungkan dengan lempeng putar atau turntable.

Lempeng putar atau turntable ini memungkinkan mobile crane untuk bergerak secara vertikal. Sedangkan tiang utama ditopang oleh lempeng dasar yang dibuat dengan bahan yang sangat kuat dan berat.

Lempeng dasar ini berfungsi sebagai penyeimbang ketika mobile crane mengangkat beban yang sangat berat.

Dengan begitu, maka mobile tidak akan terguling karena beban yang sedang diangkat. Di bagian teratas tiang derek terdapat motor penggerak dan roda gigi di unit slewing yang membuat derek dapat berputar.

Unit slewing ini sendiri terdiri dari jib (derek lengan horizontal) yang memanfaatkan troli untuk membantu mengangkut beban.

Sedangkan di bagian mesin terdapat juga motor derek penggerak yang ukurannya lebih pendek daripada di bagian atas tadi.

Rangkaian sistem katrol mobile crane ini dapat membantu mobile mengangkat beban yang sangat berat dengan tekanan minimal pada mobile, sehingga meminimalisir kemungkinan kecelakaan.

Jenis Mobile Crane, Kegunaan, dan Spesifikasi

Jenis Mobile Crane
cipta-kreasi.com

Mobile memiliki banyak jenis yang dibedakan dari spesifikasi dan kegunaannya secara spesifik. Berikut beberapa jenis crane yang banyak digunakan di industri saat ini:

1. All-Terrain Mobilee Crane

Pengertian mobile crane jenis ini adalah salah satu jenis mobile crane yang umumnya dipakai untuk kondisi dan situasi serta cuaca tertentu.

Mengapa demikian? Karena derek jenis ini sangat baik untuk medan off-track seperti pasir, lumpur, dan bebatuan yang terjal.

All-Terrain Mobilee Crane sangat baik untuk melewati medan tersebut sama baiknya seperti melewati jalanan aspal yang mulus.

Itulah kenapa mobile crane jenis ini banyak digunakan untuk pembangunan di daerah yang jauh dari perkotaan, misal di tepian sungai, hutan, dan sebagainya.

Spesifikasi: Mobile crane jenis ini memiliki spesifikasi yang mampu mengangkat beban 40 hingga 1.000 ton dalam sekali angkat, dan mampu mengangkatnya hingga ketinggian maksimal mencapai 500 kaki.

2. Mobilee Crane Hydraulic

Dari namanya sudah terlihat kalau mobile ini menggunakan konsep hidrolik pada derek utamanya. Sistem ini memungkinkan mobile crane untuk mengangkat beban yang sangat berat.

Pada penggunaannya, mobile crane ini sering dipakai untuk memindahkan peti kemas atau trailer traktor yang sangat berat.

Mobile crane ini bekerja dengan memanfaatkan tekanan hidrolik dan liquid yang memiliki tekanan sangat tinggi sehingga mampu mengangkat beban berat.

Cairan atau liquid yang dipakai pada mobile crane ini umumnya menggunakan oli ringan atau air biasa.

Spesifikasi: Tidak ada spesifikasi khusus yang dimiliki oleh mobile crane hidraulik. Satu-satunya yang membedakannya dengan yang lain adalah sistem crane mobile ini menggunakan sistem hidraulik.

3. Mobilee Crane Rough-Terrain

Mobile crane ini memiliki efisiensi tinggi di medan yang berat. Biasanya dipakai pada aktivitas pengangkutan di tempat yang terbatas dan sulit dijangkau jenis mobile crane lain.

Rangka yang dimiliki oleh crane ini sangat kuat sehingga dapat digunakan pada kondisi apapun.

Penopang yang dimiliki oleh Mobilee Crane Rough-Terrain selain berfungsi untuk menopang mobile ketika mengangkat beban juga berfungsi sebagai stabilisator.

Spesifikasi: Mobile ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi hoist and boom yang memungkinkan dia mengangkat beban berat dengan ketinggian yang luar biasa.

4. Carry Deck

Pengertian mobile crane yang satu ini sedikit berbeda dengan mobilee crane yang lain. Mobile crane jenis Carry Deck memiliki ukuran yang relatif lebih kecil sehingga mampu menjangkau tempat-tempat yang sempit.

Derek mobile ini juga memiliki teknologi rotating boom yang bisa membuatnya berputar 360 derajat.

Spesifikasi: Carry Deck memiliki sebuah plat geladak datar yang berfungsi untuk memindahkan material sehingga mobile derek ini cocok untuk segala macam pekerjaan berat dan ringan.

Sedangkan untuk pengangkatannya mobile ini menggunakan teknologi hydraulic untuk mengangkat beban yang sangat berat.

5. Crawler

Mobile crane jenis Crawler merupakan mobile yang dilengkapi dengan roda berantai yang dipasang di bagian undercarriage yang berfungsi sebagai stabilisator sekaligus mobileisator.

Mobile crane ini lebih banyak digunakan di bidang konstruksi bangunan.

Mobile crane ini tersedia dalam beberapa macam berdasarkan beban yang mampu diangkat. Mobile Crane crawler biasanya dipakai untuk mengangkat pondasi bangunan besar yang umumnya sangat berat.

Spesifikasi: Spesifikasi paling mencolok dari crane ini adalah roda berantai yang dimilikinya untuk menjangkau medan yang berat.

Penggunaan mobile crane memang menjadi alternatif yang sangat menarik di kalangan konstruksi bangunan maupun pengangkutan beban berat.

Karena selain mampu mengangkat beban yang sangat berat, crane jenis ini juga sangat mobilee dan mampu berpindah tempat dengan cepat.


Demikian tadi pembahasan mengenai definisi, fungsi hingga spesifikasi mobile crane. Semoga dengan pembahasan ini dapat menjadi pengetahuan yang bermanfaat. Terimakasih

Leave a Comment